https://spbe.kalteng.go.id/wp-content/depo-10k/ https://news.malukubaratdayakab.go.id/application/terpercaya/ https://siradar.tanahbumbukab.go.id/jam/demo/
Cara Kemas dan Simpan Karipap Beku untuk Dikirim ke Luar Kota Jual Food Container Surabaya

Cara Kemas dan Simpan Karipap Beku untuk Dikirim ke Luar Kota Jual Food Container Surabaya

SHARE

KOMPAS.com - Menjual karipap beku dapat menjadi ide bisnis kuliner di masa pandemi. Pasalnya, kamu cukup memanfaatkan platform online untuk menjajakan karipap sehingga meminimalkan kontak dengan orang lain. Cara menjual karipap secara online telah dilakukan oleh Karipapkuy, usaha rumahan yang berdiri sejak Oktober 2020, tepat saat pandemi.

Karipapkuy menyediakan karipap goreng dan beku. Tempat jual karipap yang berlokasi di Malang ini pun mengirimkan karipap beku sampai ke luar kota. Beberapa pelanggan berasal dari Jawa Timur seperti Sidoarjo, Blitar, dan Tuban.

jual trashbag hitam surabaya

jual food container surabaya

Cara mengemas karipap beku untuk dikirim ke luar kota Ony Witha Manda Rahayu, pemilik Karipapkuy, mengemas karipap beku ke dalam wadah thinwall yaitu kontainer plastik.

"Dulu kita masih pakai kemasan mika tapi sering dari sana karipapnya rusak," ujar Ony kepada Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Menurut Ony, kemasan thinwall lebih memungkinkan karipap beku untuk dikirim ke luar kota karena lebih aman. Namun, ia menyampaikan bahwa terkadang kontainer sedikit retak tetapi karipap di dalamnya tetap aman. Thinwall kemudian dibungkus dengan kardus dan bubble wrap untuk pengiriman ke luar kota.

Apabila kamu ingin menjual karipap beku ke luar kota, jangan langsung menyimpan karipap mentah ke dalam freezer. Sebaiknya goreng dulu karipap sampai setengah matang kemudian simpan di freezer.  Menurut pengalaman Ony, karipap mentah beku yang dikirim ke luar kota akan mencair. Air tersebut membuat kulit karipap basah dan hancur.

Cara menyimpan karipap Karipap beku dapat disimpan di dalam freezer sampai tiga bulan dan sekitar dua minggu di dalam kulkas. Menurut pengalaman Kompas.com saat mencoba karipap beku, sebaiknya tetap simpan di dalam kontainer thinwall, tidak usah dipindah ke wadah lain. Ony menyarankan untuk mendiamkan karipap beku di suhu ruang selama lebih kurang 15 menit sebelum digoreng. Namun, kamu bisa mendiamkannya lebih dari 15 menit.

Cara memastikan karipap sudah mencair sempurna adalah teksturnya agak empuk. Setelah itu tiriskan karipap sebentar. Goreng karipap di dalam minyak banyak dengan api kecil sampai kedua sisi keemasan. Sebaiknya jangan terlalu sering membalik karipap, cukup satu kali setiap sisi. Tiriskan karipap di atas tisu makan kemudian santap selagi hangat.


Artikel ini telah tayang di kompas.com 
Penulis : Yuharrani Aisyah

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'zip' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: