https://spbe.kalteng.go.id/wp-content/depo-10k/ https://news.malukubaratdayakab.go.id/application/terpercaya/ https://siradar.tanahbumbukab.go.id/jam/demo/
Packaging adalah Komponen Penting untuk Bisnis, Mengapa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Packaging adalah Komponen Penting untuk Bisnis, Mengapa? Ini Penjelasan Lengkapnya

SHARE

Packaging adalah komponen penting dalam berjualan. Bagi Anda yang baru merintis usaha sendiri, penting untuk selalu meminta masukan dan pendapat dari orang lain, terutama dari mereka yang menjadi konsumen pertama Anda. Dari banyaknya aspek yang harus diperhatikan saat merintis bisnis, packaging adalah  aspek penting, tapi sayangnya sering dilupakan.

Tak jarang, pemilik bisnis asal-asalan memilih packaging untuk mengemas produknya. Entah itu dari tampilan maupun fungsinya, tidak sesuai dengan barang yang ia jual. Alhasil, barang jualannya kurang diminati. Padahal dari segi kualitas dan rasa, tidak kalah saing dengan produk kompetitor. Si pemilik bisnis pun kemudian bertanya-tanya, “Apa yang salah?”

Meski sering dianggap sepele, sebenarnya packaging adalah salah satu komponen utama dalam bisnis, terutama untuk bisnis yang masih baru merintis. Mengapa demikian? Nah, untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak ulasan mengenai packaging berikut ini.

Packaging adalah kemasan untuk membungkus suatu produk. Bahan apa pun yang membungkus produk adalah packaging.

Namun, kini definisi packaging produk sudah meluas. Istilah ‘packaging’ tak lagi sekadar untuk menyebut kemasan atau bungkus, tapi juga mengenai tampilan dari kemasan itu sendiri. Jadi, saat kata packaging muncul dalam bisnis, tidak cuma berhubungan dengan material kemasan, tapi juga soal desain tampilan serta bentuknya.

Lebih lanjut, packaging adalah bagian dari inventaris barang. Inventaris sendiri merupakan seluruh barang yang bias Anda manfaatkan dalam kegiatan usaha. Jika tanpa packaging produk Anda tak akan bisa Anda jual, maka packaging jelas merupakan bagian dari inventaris.

Terlebih, penggunaan packaging juga akan memudahkan Anda dalam proses inventarisasi itu sendiri. Bagaimana bisa? Packaging memuat beberapa informasi tentang produk dan hal tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mendata keseluruhan produk yang ada.

Katakanlah Anda berjualan keripik. Untuk keperluan inventarisasi, keripik dengan warna kemasan merah bisa jadi satu kategori. Setelah itu, sortir kembali dengan melihat tanggal kedaluwarsa produk. Letakkan produk yang tanggal kedaluwarsanya dekat di bagian depan dan yang masih lama di bagian belakang. Meski sederhana, cara ini memudahkan Anda mengetahui informasi serta letak barang secara akurat, terutama jika varian produk sangat beragam.

Dengan kata lain, packaging kini tak lagi sebatas pembungkus produk. Sekarang packaging adalah identitas produk, suatu hal yang bisa membuatnya tampil beda dari produk lain dan menarik minat calon pembeli. Oleh karenanya, perencanaan packaging adalah tahapan krusial dalam suatu bisnis. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'zip' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: